BERITA

SOSIALISASI TANAMAN PEKARANGAN OLEH DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Jumat, 23 Agustus 2019

Seperti yang kita ketahui bahwa lahan pertanian kita semakin tahun semakin menyempit. Lahan pertanian yang awalnya untuk menanam padi dan palawija lainnya serta buah-buahan, kini beralih fungsi menjadi pabrik dan kavling perumahan, Dengan semakin menyempitnya lahan pertanian, maka berdampak pada berkurangnya hasil pertanian dan tanaman pangan lainnya. 

Dalam rangka meningkatkan motivasi, wawasan dan keterampilan masyarakat Kecamatan Torgamba dalam memanfaatkan pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengadakan Sosialisasi Tanaman Pekarangan TA. 2019 yang dilakukan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Torgamba pada hari Rabu, 19 Juni 2019.

Dalam sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Pekarangan tersebut sejumlah peserta turut hadir diantaranya Kelompok Tani yang ingin memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta tentang pemanfaatan lahan pekarangan, pengolahan pangan Bergizi Beragam Seimbangan dan Aman (B2SA) dan keamanan pangan

 

“Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal,” jelas nara sumber selaku Koordinator PPL Kecamatan Torgamba Bapak Sugiarto.

Untuk mendukung kegiatan sosialisasi dalam meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan memberikan sejumlah bibit gratis untuk berbagai jenis tanaman yang dapat di tanam di lahan pekarangan kepada petani yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Kedepannya diharapkan, setiap rumah tangga agar bisa mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan dalam menyediakan pangan bagi keluarga